Selasa, 27 September 2016

KEBUN RAYA PURWODADI - SURGA FLORA DI KAKI WELIRANG ARJUNO





Minggu 25 September 2016 pukul 11.00 WIB saya berangkat dari kota petis Sidoarjo menuju kota wisata Pasuruan.

Mengambil jalur tol panjang Waru – Pandaan, sekitar satu jam kemudian saya bersama keluarga sampai di kota Pandaan, Pasuruan. Sempat istirahat sebentar, perjalanan kami teruskan ke arah Malang.

Setengah jam berikutnya, saya sudah sampai di tempat tujuan. Kebun Raya Purwodadi.

Jika sahabat sekalian menggunakan angkutan umum untuk mencapai tempat ini, dari terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya, bisa naik bis antar kota jurusan Surabaya – Malang. Turun di Kebun Raya Purwodadi.

Tempat wisata yang berada di jalur utama Surabaya – Malang ini menawarkan sejuta pesona flora yang menggiurkan bagi wisatawan. Bukan hanya keindahan tempatnya, tetapi juga memberikan banyak informasi bagi pengunjung yang ingin menggali edukasi. Terutama jenis flora dataran kering.

Kebun Raya Purwodadi yang merupakan satu dari 3 Kebun Raya pemekaran di Indonesia (Kebun Raya Bogor), sebenarnya adalah Balai Konservasi Tumbuhan yang bernaung dibawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati - LIPI (Lembaga IImu Pengetahuan Indonesia).

Secara administrasi, Kebun Raya Purwodadi terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Didirikan pada tahun 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking, seorang ilmuwan konservasi flora asal Belanda, Kebun Raya Purwodadi mulai dibuka untuk umum sejak 10 Maret 1963.

Menurut data yang ada di Kebun Raya Purwodadi, Balai Konservasi Tumbuhan di Pasuruan ini memiliki koleksi tanaman sebanyak 11738. Terdiri dari  178 suku, 965 marga, dan 2027 jenis.

Kini, tempat berhawa sejuk dengan suasana rindang yang memiliki area seluas 85 hektare ini menjadi tujuan favorit wisata keluarga masyarakat Jawa Timur.

Harga tiket masuk pun terbilang cukup murah. Hanya Rp 10.000 per orang.




Untuk menelusuri kawasan kebun yang terbilang sangat luas, kita bisa menyewa sepeda gunung yang telah disediakan pihak pengelola. Jika kita membawa mobil, bisa menggunakannya untuk berkeliling dengan membayar tiket keliling seharga Rp. 15.000. Atau bisa menyewa kusir beserta kereta dan kudanya. Juga tersedia kendaraan kereta mini.

Sepanjang penelusuran, kita akan dimanjakan oleh rindangnya koleksi flora. Mulai jenis Anggrek, Bambu, Paku, Palem, Tanaman Obat, Tanaman Tematik, dan ratusan jenis lainnya.

Saat lelah, kita bisa beristirahat di tempat duduk yang banyak bertebaran di segala penjuru Kebun Raya. Dengan atap rimbunnya pepohonan. Para pedagang kaki lima dengan berbagai menu makanan dan minuman juga sangat mudah dijumpai di setiap sudut.

 


Tidak ada salahnya jika sahabat sekalian ke Jawa Timur, mampir ke tempat ini. 

Surganya flora di kaki gunung Welirang - Arjuno.


(Heru Sang Mahadewa)

Member Of OneDayOnePost

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Monggo.
      Jalur trasnsportasinya dari Surabaya ataupun Malang sangat representativ pak.

      Hapus
  2. Hebaatt.. Mas heru dr ahli perwayangan ternyata mahir juga buat liputan...

    BalasHapus
  3. Tunggu liputan berikutnya. Hehe

    Keren itu, bang.

    Ainayya mau liputan apa, ya? Ahaha

    BalasHapus

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *