Rabu, 30 November 2016

MEMBENTUK JIWA WIRA USAHA MELALUI DIKLAT KOPERASI KARYAWAN


Diklat Kopkar Sukses X 2016 - Foto dokumen pribadi


Sebuah acara bertajuk Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian digelar oleh Koperasi Karyawan Sukses di Royal Trawas Hotel & Cottages, Mojokerto, Jawa Timur pada tanggal 26 – 27 November 2016 lalu.

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 peserta di lingkup karyawan PT Siantar Top Tbk dan grupnya (PT Semesta Nusa Distrindo, PT Cita Rasa Sukses) ini dihadiri pula oleh jajaran pimpinan ketiga perusahaan.

Direktur Utama PT Siantar Top Tbk, Ir. H. Pitoyo, M.M. turut mengikuti Diklat ini dari awal hingga akhir. Dari PT Semesta Nusa Distrindo hadir Bapak Kukuh selaku perwakilan management. Sementara PT Cita Rasa Sukses diwakili oleh Ibu Rina dan Ibu Niluh Sumadewi sebagai pimpinan personalia.

Seratus peserta dilepas keberangkatannya oleh Ketua Koperasi Karyawan dari halaman PT Siantar Top Tbk. yang berada di Jl. Tambaksawah Industri 21 – 23 Waru, Sidoarjo, Jawa Timur pada sabtu siang, 26 November 2016 tepat pukul 13.00 Wib. Menggunakan kendaraan dua bis mereka menuju Royal Trawas Hotel & Cottages yang berada di kawasan gunung Welirang Arjuno, Mojokerto.

Pukul 15.30 WIB rombongan sampai di lokasi Diklat. Dipandu tiga orang moderator, Wiwik S Puspita, Rachmad Gobel, dan Heru Widayanto, peserta disambut dengan permainan Mood Booster. Kepenatan mereka selama perjalanan dua setengah jam mencoba dicairkan dengan game Perintah Salah dan Benar.

Mood Booster - foto dokumen pribadi
Mood Booster - foto dokumen pribadi

Malam harinya, sebelum acara inti Diklat dimulai, para peserta dan undangan dihibur dengan teatrikal Goyang Pinguin oleh trio moderator. Rachmad Gobel yang menggunakan topeng Aliando Syarif dan Heru Widayanto dengan penutup muka ala Ariel Noah Band, serta Wiwik SP sebagai MC. Penampilan mereka cukup menghibur pengunjung yang memenuhi ruang Wisnu Kencana Royal Trawas Hotel & Cottages.

Peserta Diklat di dalam ruang Wisnu Kencana, Royal Trawas Hotel
 
Trio Moderator (Wiwik, Heru, Gobel) dalam aksi teatrikal Goyang Pinguin

Selanjutnya acara dibuka dengan pidato Laporan Panitia oleh Koordinator Diklat X Koperasi Karyawan, Ananto Seno.

Dalam sambutannya, lelaki yang juga aktivis Serikat Pekerja ini menuturkan bahwa Diklat tahun 2016 mengambil tema Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Anggota Koperasi Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bersama. Beliau mengharapkan, para peserta bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari para nara sumber kegiatan ini.

Hadir pula Ketua Pengurus Unit Kerja Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SP RTMM - SPSI), merangkap Ketua DPC SP RTMM Kabupaten Sidoarjo, sekaligus juga Pengurus DPD SP RTMM Jawa Timur, SM Antok, S.H.

“Terima kasih Koperasi Karyawan Sukses (PT Siantar Top Tbk. Grup), karena eksistensinya turut meningkatkan taraf kesejahteraan anggota kami (para pekerja),” ucap SM Antok, S.H. dalam pidato sambutannya.

Sementara Moehartatik, Ketua Koperasi Karyawan Sukses PT Siantar Top Tbk. grup menegaskan bahwa Diklat yang menjadi agenda tahunan Badan Usaha Berbadan Hukum pimpinannya ini dilaksanakan sebagai amanah AD/ART.

“Semoga di masa mendatang, Koperasi Karyawan Sukses semakin luas bidang usahanya. Tidak hanya terpaku pada sektor simpan pinjam, pertokoan, kredit barang, properti, dan pendanaan kredit motor/mobil, seperti yang selama ini sudah menjadi produk unggulan kita,” tegas Moehartatik.

Sedangkan Ir. H. Pitoyo, M.M. lebih menyoroti kepada run down Diklat. “Dari tahun ke tahun, saya amati pelaksanaan Diklat terus mengalami perbaikan baik dari segi tema maupun nuansa acaranya. Tidak hanya teoritis, tetapi suasana fun beraroma refreshing sangat kental kali ini. Sebuah kegiatan yang positiv untuk menimba ilmu dengan menggunakan metode menyenangkan,” pungkasnya.

Undangan Diklat dari jajaran management PT Siantar Top Tbk. grup

Untuk memberi pembekalan materi kepada peserta, panitia Diklat X Koperasi Karyawan Sukses tahun 2016 mengundang dua orang nara sumber. Ahmad Sirojuddin, M.M. dari Junas Agro dan Heru S dari Mr. Jac Indonesia.

Sesi pertama menampilkan Mr. Jac Indonesia, sebuah usaha franchise jamur crispy yang dipelopori anak-anak muda lulusan Universitas Airlangga, Surabaya sebagai pembicara.

Dalam pemaparannya, owner usaha franchise yang kini telah memiliki sekitar 130 cabang di Jawa dan Bali ini menyampaikan bahwa jiwa kewirausahaan bisa tumbuh karena ada keberanian untuk sukses.

Mr. Jac Indonesia - foto dokumen pribadi

Profil selengkapnya tentang Mr. Jac Indonesia silahkan baca [ Disini ]

Junas Agro yang menampilkan Ahmad Sirojuddin M.M. berbicara pada sesi kedua. Lelaki paruh baya lulusan FTP Universitas Brawijaya Malang ini juga mengangkat tema kewirausahaan.

Pebisnis yang masih aktiv sebagai salah satu pimpinan PT Siantar Top Tbk. sendiri ini lebih banyak menceritakan lika-liku jatuh bangunnya seorang pengusaha pemula. “Jangan hanya memimpikan suksesnya, tetapi bayangkan bahwa kegagalan adalah sesuatu yang lekat dengan sebuah usaha,” ucap putra Betawi yang pernah menjadi pengajar di Agrobisnis Pesantren ABA Klaten, Jawa Tengah.

Konsultan di Apec IBIS Jakarta yang meraih gelar S2 di UMM Surakarta ini juga mengangkat contoh beberapa teman dari karyawan PT Siantar Tob Tbk. (anggota Koperasi Karyawan Sukses) yang telah memilih berwirausaha sebagai jalan hidup mereka.

Ahmad Sirojuddin M.M.(Junas Agro) - dok. pribadi

Serangkaian acara inti Diklat pun akhirnya ditutup pada pukul 23.30 WIB. Semua peserta dan undangan digiring ke sebuah lapangan untuk menikmati Api Unggun, sebelum akhirnya istirahat ke kamar hotel masing-masing.

Minggu, 27 November 2016 para peserta kembali menjalani kegiatan outbond yang lebih menitikberatkan pada pembentukan jiwa leadership dan team building. Nuansanya full happy. Bermain sambil belajar. Belajar dengan menyenangkan.

Game team building - foto dokumen pribadi
Game team building - foto dokumen pribadi
Game team building - foto dokumen pribadi

Sederhana, iya begitulah. Acara ini terasa sangat berkesan meski dikelola sendiri oleh para pengurus dan anggota Koperasi Karyawan Sukses, tanpa melibatkan sebuah Event Organizer.

Semoga para peserta bisa mendapatkan ilmu bermanfaat dari kegiatan ini.

( Heru Sang Mahadewa)
Member Of OneDayOnePost

1 komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *