Senin, 12 Juni 2017

NIKMATNYA BERBUKA PUASA DENGAN NASI BECEK


Nasi Becek, masakan khas Nganjuk - dokumen pribadi


Jika kita sedang berkunjung ke kota Nganjuk, tidak afdol rasanya kalau belum mencicipi makanan khas kabupaten berjuluk kota angin. Salah satu makanan asli dari kabupaten di Jawa Timur yang terletak di kaki gunung Wilis itu adalah NASI BECEK.

Disebut nasi becek, karena sekilas tampilan masakannya memang mirip sesuatu yang becek. Perpaduan antara kuah dan sambal kacang penyebabnya.

Nasi becek, adalah masakan gulai kambing khas Nganjuk. Yang membedakan masakan ini dengan gulai kambing di daerah lain adalah komponen pelengkapnya. Nasi becek disajikan dengan taburan irisan daun seledri mentah, tauge dan sambal kacang. Tentu, lengkap dengan beberapa tusuk sate kambing.

Di Nganjuk, warung dan depot yang menyediakan menu nasi becek bisa dijumpai di beberapa sudut kota. Salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi jika sahabat sekalian singgah ke kota seribu jaranan (sebutan lain kota Nganjuk) adalah Depot Nasi Becek JIMBO yang ada di jalan Dr. Sutomo. Dari alun-alun Nganjuk, depot JIMBO hanya berjarak sekitar 500 meter ke arah selatan. Tepat di perempatan Jl. A. Yani dan Jl. Dr. Sutomo, depot yang dikelola turun temurun sejak tahun 60-an ini sudah bisa terlihat. Berada di sebelah selatan jalan, atau sekitar 5 meter dari Bangjo (abang ijo/lampu merah).

Depo Nasi Becek JIMBO di Jl. Dr. Sutomo No. 2 Nganjuk - dokumen pribadi


Harga yang ditawarkan pun sangat merakyat. Untuk satu porsi nasi becek, kita cukup mengeluarkan uang Rp. 15.000. Jangan lupa, jika dompet sahabat sekalian masih berisi, pesanlah sate kambing Nganjuk. Daging kambing yang dibakar dengan perpaduan kecap manis dan sambal kacang khas kota angin.

Pada momen bulan Ramadhan seperti sekarang, nasi becek menjadi menu favorit berbuka puasa bagi traveller yang singgah di kota Nganjuk. Gurihnya sambal kacang, dipadu dengan kuah gulai kambing dan sensasi daun seledri mentah bercampur tauge, sungguh akan memanjakan lidah kita.

Nah, tunggu apa lagi?

Berkunjunglah ke kota Nganjuk. Nikmati lezatnya berbuka puasa dengan menu nasi becek.

Heru Sang Mahadewa
Member of #OneDayOnePost

6 komentar:

  1. Parah,parah, parah. Aku ngeceeessss .. dari awal lihat judulnya udah uuunggg #Mupeng
    Ya Allah, tolong Intan, Ya Allah .. Bang Heru bikin aku ngeces, nih, Ya Allah 😂 😂 #TulisanBangHeruSangatLezat 😂

    BalasHapus
  2. Ada es jeruk pula (di fotonya) 😂

    BalasHapus
  3. Wehehhehee ...
    Maafkan saya yang juga nge-Cess 😂

    BalasHapus
  4. Nasi becek Nganjuk memang mantappp :D

    BalasHapus

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *